Kaliurang Jogja

Daerah wisata dengan pemandangan alam yang indah dan beriklim dingin di lereng Gunung Merapi, 25 km sebelah utara kota Yogyakarta. Didukung fasilitas berkemah, taman rekreasi anak-anak, berwisata di hutan, hotel, wisata di kabin, tempat pertemuan dan seminar, fasilitas olahraga dan telekomunikasi.

Menawarkan area taman rekreasi seluas 10.000 meter persegi. taman bermain untuk anak-anak dengan cuaca yang sejuk. Patung hewan, ayunan, kolam renang mini dan lain-lain merupakan fasilitas pelengkap yang dapat digunakan sebagai arena kompetisi anak-anak. Tlogo Putri merupakan kolam renang dengan air alami dari mata air di lereng Gunung Plawangan. Wisatawan dapat berenang, bersantai, dan melihat desa yang terletak di bawah dan penuh sesak dengan taman Perhutani. Tlogo terletak di depan stasiun bus dan dekat dengan pusat Kaliurang souvenir dan Ground camilan khas. Kaliurang wisata peta yang dilengkapi dengan jalur wisata Kaliurang dan informasi penginapan telah disediakan oleh Kantor Pariwisata lokal.

Selain keindahan alamnya, Kaliurang juga memiliki beberapa bangunan warisan. Diantaranya adalah Gedung Kaliurang dan Pesangrahan Dalem Ngeksigondo Istana Sultan yang digunakan sebagai tempat untuk Komisi Tiga Negara. Atau Museum Ullen Sentalu yang sebagian bangunannya berada di bawah tanah. Museum ini menguak misteri kebudayaan dan nilai-nilai sejarah Jawa, terutama yang berkaitan dengan putri Sultan Yogyakarta dan Surakarta pada abad ke-19.

Commentaar