Sri Getuk Air Terjun

Air terjun Sri Gethuk namanya. Air terjun ini cukup elok dipandang, mempunyai suasana yang asri yang tentunya akan menyegarkan batin.

Terletak di Padukuhan Menggoran, tempat wisata ini berdekatan dengan lokasi wisata lain, yakni Gua Rancang Kencono. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan berada tepat di tepi Sungai Oyo. Air terjun ini tidak pernah kering, karenanya selalu dapat menjadi objek foto yang menarik.

Sri Gethuk memiliki nama lain Air Terjun Slempret. Keunikan air terjun ini karena bercabang pada dua celah tebing dan muncul dari sela-sela tebing ‘karst’ yang gersang. Ada tiga sumber mata air yang menyembur di sekitar air terjun Sri Gethuk, yaitu mata air Dung Poh, Ngandong dan Ngumbul yang mempunyai rata-rata debit air 30 sempai dengan 60 liter per detik.

Air terjun ini dinamai Sri Gethuk atau Sri Ketuk karena menurut kepercayaan masyarakat setempat pada masa lalu, sering terdengar suara gamelan, yang diyakini milik Raja Jin Slempret yang bernama Angga Mendura. Menurut mitos setempat, keberadaan air terjun ini merupakan lokasi pasar jin.

Pada malam-malam tertentu, masyarakat sering mendengar bunyi-bunyian seperti slompret dari arah air terjun itu. Tapi jika sumber suara didekati, suara yang terdengar justru akan menghilang. Karenanya, masyarakat setempat menyebutnya Air Terjun Slempret.

Karena pontensinya yang luar biasa, Sri Gethuk akan dikembangkan sebagai objek wisata terpadu yang meliputi Goa Rancang Kencana, Air Terjun Sri Gethuk, situs purbakala, pemacingan dan juga bumi perkemahan dalam satu area di Dusun Menggoran, Desa Bleberan yang dikelola oleh masyarakat desa setempa

Komentar